menu melayang

Selasa, 24 Oktober 2023

Jenis tafsir Al Quran layak dipahami

Inilah Jenins tafsir Al Quran Layak dipahami umat Muslim bahwa;

Al-Qur'an merupakan kalam Allah Ta'ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril. Al-Qur'an menjadi pedoman bagi umat Islam dan seluruh manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia dan akhirat kelak.


Pada masa awal turunnya Al-Qur'an, umat Islam dapat mendengarkan untuk melafalkan dan memahami makna Al-Qur'an langsung dari Rasulullah Saw. Sehingga menjadi tidak terlalu sulit karena yang menyampaikan dan menjelaskannya Rasulullah Saw.

 


 

 Tafsir Al Quran

Kendati demikian, setelah Rasulullah Saw meninggal, umat Islam mengalami kesulitan untuk menghafalkan terutama mengartikan dan menafsirkan Al-Qur'an, dengan makna yang sesuai sebagaimana yang diterima Rasulullah Saw sehingga para sahabat menjadi tumpuan memahami Al-Qur'an.



Di era kontemporer, umat Islam sulit mendapatkan seorang mufassir sebab banyak syarat untuk bisa menafsirkan Al-Qur'an serta meriwayatkan hadis. Kalaupun ada hanya segelintir orang yang sanggup memenuhi kriteria seorang mufassir.



Kata tafsir sendiri memiliki makna penjelasan atau penampakan makna, kemudian tafsir diartikan sebagai ilmu yang dapat menyempurnakan Al-Qur'an, mengartikan setiap makna menyempurnakan Al-Qur'an, menjelaskan hukum dalam Al-Qur'an serta menjabarkan permasalahannya.


Sedangkan menurut Al-Kilbi dalam At Tashil disampaikan bahwa yang dimaksud dengan tafsir, yaitu menjelaskan Al-Qur'an, menerangkan maknanya, dan menjelaskan apa yang dikehendaki nash, isyarat, atau tujuannya. 

 

Jenis tafsir Al Quran Layak dipahami

Selanjutnya, tafsir juga terdiri dari beberapa macam, berikut ini macam-macam tafsir dari segi cara pengambilan rujukannya antara lain:


1. Tafsir bil Ma'tsur atau Tafsir Riwayat

Tafsir bil Ma'tsur merupakan cara penafsiran Al-Qur'an dengan rujukan Al-Qur'an, hadis atau perkataan sahabat (riwayat). Sebab, para sahabat inilah yang langsung mendengarkan penjelasan dari Nabi Muhammad Saw.


Metode penafsiran ini menjadi metode paling aman dan bisa dipercaya karena merujuk pada ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan makna serta dari riwayat hadis para sahabat sehingga tafsir ma'tsur wajib diikuti dan dijadikan sebagai pedoman.



2. Tafsir bi Ra'yi atau Tafsir Dirayat

Tafsir bi Ra'yi merupakan jenis penafsiran yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu tafsir bi ra'yi al mahmud (yang dibolehkan), dengan tafsir al mahmum (yang terlarang). Tafsir bi ra'yi al mahmud merupakan cara penafsiran Ayat Al-Qur'an dengan membolehkannya seorang mufassir berijtihad dan menggunakan dasar-dasar dari ilmu ushul (lughah dan syar'i) serta ulumul qur'an.

Sementara tafsir al mazhmum ialah jenis penafsiran yang menafsirkan Al-qur'an dengan menggunakan metode ra'yi tetapi tidak mendasarkan perujukaannya menggunakaan ilmu tafsir, bahkan hanya mengikuti hawa nafsu pengarannya.


3. Tafsir Isyari

Tafsir Isyari atau isyarah merupakan model penafsiran Al-qur'an menggunakan isyarat yang lahir dari hasil riyadhah ruhiyah mufassirnya. Di mana model penafsiran ini termasuk ikhtilaf karena sebagaian ulama ada yang melarang, tetapi ada juga yang membolehkannya.



4. Tafsir Fuqaha

Model penafsiran yang lebih merujuk pada ayat-ayat yang bersifat kandungan hukum-hukum dalam Al-Qur'an. Selain itu, mufassirnya juga diambil dari ulama-ulama madzhab yang telah diakui.


5. Tafsir Kontemporer

Tafsir Kontemporer, yaitu penafsiran yang dilakukan oleh para ulama kontemporer zaman sekarang, di mana para mufassir tersebut memang telah mampu menguasai beberapa ilmu wajib bagi syarat menafsirkan Al-Qur'an.



6. Tafsir Maudhu'i atau Tematik

Tafsir ini menggunakan metode maudhu'iyah yang dilakukan dengan menyusun beberapa ayat Al-Qur'an sesuai judul atau tema pembahasannya dalam susunan Al-Qur'an. 

Mode penafsiran Al-Qur'an dengan metode tematik ini dicetuskan oleh Grand Syaikh Azhar Dr Mahmud Syaltut yang muncul pada tahun 1960.

Sekarang kita sudah tahu Jenis tafsir Al Quran layak dipahami untuk mempoermudah penafsiraan pada umumnya .

 

Nara sumber ; Tafsir Al Quran terbaik menurut

 

 


Mudah - mudahan artikel ini menambah keIMANAN kita bersama, disajikan dalam seputar AL QUR'AN, AYAT, Tafsir, Jika Anda ingin membaca artikel lain tersaji dalam ;


Bacalah juga :



Kesimpulan ;

Demikian uraian singkat artikel tentang Jenis tafsir Al Quran layak dipahami
Semoga bermamfaat dan menambah wawasan keImanan serta berpikir Cerdas, nantikan informasi Update
by Spiritual Medicine

Blog Post

Related Post

Bacalah float

Bacalah yang menarik

Back to Top

Cari Artikel

Label