menu melayang

Minggu, 22 Oktober 2023

Manfaat puasa senin kamis untuk spirituality

Temukan mamfaat Puasa Senin Kamis untuk Spirituality serta doa Lengkap Latin dan Terjemah - Puasa Senin Kamis adalah puasa yang dikerjakan setiap hari Senin dan Kamis, 

Dikerjakan dengan syarat khusus dan hari-hari tersebut bukan hari di haramkannya berpuasa (Hari Tasyrik), 

 Untuk itu pelajari dengan seksama dan kemudian amalkan , sehingga dapat mamfaat secara spirituality.


Contohnya : misalkan sekarang ini hari kamis tapi, hari tersebut adalah hari Idul Fitri atau Idul Adha maka kita diharamkan untuk berpuasa pada hari itu. 

Untuk itu supaya Mamfaat Puasa Senin Kamis untuk Spirituality tercapai

Ikuti panduan sebagai berikut 


termaktub di dalam Shahih Muslim, dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda,

"Pada hari Senin dan Kamis, pintu-pintu surga dibuka. Oleh karena itu, semua hamba yang tidak mempersekutukan Allah SWT dengan sesuatu pun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali jika terdapat permusuhan antara seseorang dengan saudaranya. Kemudian, dikatakan, Tahanlah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR Muslim) Keutamaan Puasa Senin Kamis





Dikutip dari Buku Insiden Surga pada Hari Senin dan Kamis yang ditulis oleh Ridhoul Wahidi, berikut keutamaan puasa Senin Kamis:

1. Mendapat Gelar Takwa

Siapa pun yang dengan ikhlas melaksanakan puasa sunnah, termasuk puasa Senin dan Kamis, serta mematuhi semua syarat, rukun, dan ketentuannya, akan diberikan gelar takwa. Dalam konteks ini, Allah SWT akan menyediakan jalan yang mudah bagi hamba-Nya yang memiliki ketakwaan. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Thalaq ayat 2 dan 4



وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ ٢


Artinya: " Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya." (QS. Thalaq: 2)







وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مِنْ اَمْرِهٖ يُسْرًا ٤

 Artinya: "Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya." (QS. Thalaq: 4) 2. Bau Mulut yang Harum





Rasulullah SAW menjelaskan,



"Semua amalan manusia adalah untuk dirinya sendiri, kecuali puasa, karena puasa adalah untuk-Ku (Allah), dan Aku-lah yang akan memberikan balasannya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma minyak wangi." (HR Bukhari)

3. Pahala Berlipat

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Demi keberadaan-Nya yang menjaga nyawaku, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada minyak kesturi. Dia menahan nafsu dan menahan diri dari makanan dan minuman karena Aku. Oleh karena itu, puasa adalah hak milik-Ku, dan Aku yang akan memberikan pahalanya. Setiap kebaikan dilipatgandakan hingga tujuh ratus kali, kecuali puasa. Puasa adalah hak milik-Ku, dan Aku yang akan memberikan balasannya." (HR Malik)




4. Memperoleh Dua Kegembiraan Orang yang berpuasa akan merasakan dua kebahagiaan yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya, kebahagiaan itu datang pada dua waktu yaitu saat berbuka puasa dan saat berjumpa dengan Allah SWT. 

Hal ini diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. 5. Surga Rayyan bagi yang Berpuasa





Allah SWT telah menyiapkan pintu khusus di Surga yang disebut sebagai "Rayyan" bagi mereka yang menjalankan puasa. Nabi Muhammad SAW mengabarkan hal ini dalam hadits,



"Dalam Surga terdapat satu pintu yang disebut sebagai ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat tidak ada seorang pun yang akan masuk Surga melalui pintu tersebut kecuali para orang yang berpuasa. Tidak akan ada seorang pun yang melewati pintu tersebut kecuali mereka. Kemudian dikatakan kepada mereka, 'Di mana orang-orang yang berpuasa?' Maka para orang yang berpuasa akan berdiri menghadap. Tidak akan ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Setelah mereka semua masuk, pintu itu akan ditutup dan tidak akan ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut." (HR Bukhari Muslim)

6. Menjadi Amalan yang Tidak Ada Tandingannya







Dalam suatu hadits yang diriwayatkan dari Abu Umamah, dia berkata, "Ya Rasulullah SAW, tunjukkanlah kepada saya suatu amal." Beliau menjawab, 'Jalankanlah puasa, karena tidak ada amal yang sebanding dengannya.'" (HR Nasa'i)





7. Lima Perkara yang Diberikan kepada Umat Muhammad Puasa adalah salah satu dari lima hal yang diberikan kepada umat Muhammad dan tidak diberikan kepada umat sebelumnya. Di antara hal-hal tersebut adalah Allah memerintahkan malaikat-Nya untuk memohon ampun bagi orang yang berpuasa, dan bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada minyak misik.

8. Puasa Menghapus Fitnah



Puasa termasuk di antara amalan yang mampu menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan, termasuk dosa-dosa kecil. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Pada suatu kesempatan, Umar bertanya mengenai riwayat fitnah. Dia mendengar bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa fitnah tersebut dapat dihilangkan melalui salat, puasa, dan zakat. 9. Zakat bagi Tubuh



Setiap anggota tubuh memiliki kewajiban zakatnya, dan zakat bagi tubuh adalah puasa. Seperti yang disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Setiap sesuatu memiliki zakatnya, dan zakat bagi tubuh adalah berpuasa." Selain itu, dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa merupakan separuh dari kesabaran." (HR Ibnu Majah)

10. Memberikan Syafaat Puasa memiliki kekuatan syafaat yang sama seperti Al-Qur'an. Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari kiamat, puasa dan Al-Qur'an akan memberikan syafaat kepada seorang hamba. Puasa akan berkata, 'Wahai Tuhanku, aku telah menahannya dari makanan dan hawa nafsu di siang hari, izinkanlah aku memberikan syafaat kepadanya.'











Sedangkan Al-Qur'an akan berkata, 'Aku











telah menahannya dari tidur di malam hari, izinkanlah aku memberikan syafaat kepadanya.' Selanjutnya, Rasulullah melanjutkan, 'Maka keduanya, puasa dan Al-Qur'an, akhirnya memberikan syafaat kepada hamba tersebut." (HR Ahmad) 11. Dijauhkan dari Api Neraka









Orang yang berpuasa juga akan mendapatkan keistimewaan lain, yaitu perlindungan dari api neraka. Dalam hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Setiap hamba yang berpuasa satu hari karena Allah, Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh tujuh puluh ribu musim." (HR Muslim)



12. Mendapatkan Cinta dari Allah




Puasa Senin Kamis adalah salah satu amalan yang dapat melengkapi kewajiban-kewajiban agama. Selain itu, melaksanakan puasa sunnah juga dapat meningkatkan kedudukan seseorang menjadi wali Allah yang paling terkemuka.



Dalam sebuah hadits qudsi, Allah berfirman, "Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku melalui amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. 

Jika Aku mencintainya, Aku akan memberi petunjuk kepada pendengarannya, memberi petunjuk kepada penglihatannya, memberi petunjuk kepada tangannya, dan memberi petunjuk kepada kakinya.

Jika dia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku akan mengabulkannya, dan jika dia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya." (HR Bukhari)


Sebelum kepokok bahasan Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, kita harus tahu dulu alasan kenapa Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat islam untuk berpuasa pada hari tersebut?  

 

Puasa Senin Kamis selain dapat menyehatkan tubuh juga pada hari tersebut adalah hari dimana diperiksanya amal perbuatan kita oleh Malaikat. Sebagaimana sabda Rasulullah s.a.w. berikut dibawah ini :

"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi).


Selain hadits diatas, berikut dibawah ini hadits Qudsi yang memnerangkan bahwa orang yang berpuasa, amal kebaikannya akan dilipat gandakan :

"Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat." (HR. Bukhari dan Abu Daud).


Bacaan Niat Puasa Senin Kamis



1. Bacalah Niat Puasa Sunah Hari Senin



نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


NAWAITU SHAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TA'AALAA

Artinya :

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."


2. Bacalah Niat Puasa Sunah Hari Kamis



نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


NAWAITU SHAUMA YAUMAL KHAMIISI SUNNATAN LILLAHI TA'AALAA



Artinya :

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."



Itulah Bacalah  Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Latin dan Terjemah yang dapat admin sampaikan. Dilihat dari segi manfaat dan keistimewaannya,

Selain dapat menyehatkan tubuh kita, juga amal kebaikan kita akan dilipat gandakan hingga 10 kali lipat, maka beruntunglah orang tersebut yang selalu mengerjakan puasa senin kamis.


Mudah - mudahan artikel ini menambah keIMANAN kita bersama, disajikan dalam seputar AL QUR'AN, AYAT, PUASA, Jika Anda ingin membaca artikel lain tersaji dalam ;


Bacalah juga :



Kesimpulan ;

Demikian uraian singkat artikel tentang Manfaat puasa senin kamis untuk spirituality
Semoga bermamfaat dan menambah wawasan keImanan serta berpikir Cerdas, nantikan informasi Update
by Spiritual Medicine

Blog Post

Related Post

Bacalah float

Bacalah yang menarik

Back to Top

Cari Artikel

Label