menu melayang

Rabu, 17 Agustus 2022

Doa Keluar Rumah supaya Berkah

Saat akan melangkahkan kaki keluar rumah biasakan dengan membaca DOA keluar rumah supaya berkah dalam perjalan kita nanti.

Insyallah akan mudahkan segala aktivitas kita diluar sana juga sampai tujuan dengan sehat walfaiat.

 

DOA Keluar RUMAH supaya berkah

Imam Abi Zakariya Muhyiddin Yahya an-Nawawi, dalam kitabnya "al-Adzkar an-Nawawi," menjelaskan bahwa dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, at-Tirmidzi, Nasa'i.

 Menyampaikan bahwa Rasulullah SAW memberikan pesan sebagai berikut,

 

 من قال- يعني اذا خرج من بيته- بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ، يقال له: كفيت و وقيت و هديت و تنحّى عنه الشيطان 

 

Artinya: "Barangsiapa yang membaca doa ketika keluar dari rumahnya, 

'Bismillahi tawakkaltu 'alallahi wa laa haula wa laa quwwata illa billah,' 

Maka diucapkan kepadanya: Kamu akan dicukupkan, dikuatkan, diberi petunjuk, dan setan akan menjauh darinya.

Untuk memudahkan ikuti 4 langkah berikut ini , sesuai dengan adab bepergian keluar rumah yang sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

1. Lakukan Salat Sunah 2 Rakaat

Usahakan jika mau keluar rumah, lakukan salat sunah dua rakaat terlebih dahulu. Pengertian salat sunah 2 rakaat ini bisa apa saja, bisa shalat sunah wudhu, shalat taubat atau shalat dhuha di pagi hari. 

Dengan melakukan sholat sunah, Anda memohon pada Allah SWT agar terhindar dari kecemasan, kesulitan dan bencana. Seperti sabda Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam”. (HR. Al-Bazzar)


2. Membaca Doa Keluar Rumah

Diriwayatkan oleh Anas Bin Malik Radhiyallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa keluar rumah, yaitu “Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”.

3. Pandanglah Langit Sambil Berdoa

Selain membaca doa keluar rumah, nabi juga menganjurkan jika akan keluar rumah terlebih dahulu memandang ke langit dan membaca doa berikut, yaitu “Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”.

4. Melangkahlah dengan Kaki Kanan

Ketika keluar rumah, jangan lupa melangkah dengan kaki kanan karena ini sunah. Dari Aisyah Radhiyallahu Anha beliau berkata, “Nabi SAW menyukai memulai dari sebelah kanan saat mengenakan sandal menyisir rambut bersuci dan dalam semua urusannya”. (HR Bukhari)

Maka dari itu dengan membaca doa keluar rumah supaya berkah menyiratkan kehidupan seorang muslim sesuai adab spiritualnya .




Mudah - mudahan artikel ini menambah keIMANAN kita bersama, disajikan dalam seputar AL QUR'AN, Kecerdasan Spiritual, life, Jika Anda ingin membaca artikel lain tersaji dalam ;


Bacalah juga :



Kesimpulan ;

Demikian uraian singkat artikel tentang Doa Keluar Rumah supaya Berkah
Semoga bermamfaat dan menambah wawasan keImanan serta berpikir Cerdas, nantikan informasi Update
by Spiritual Medicine

Blog Post

Related Post

Bacalah float

Bacalah yang menarik

Back to Top

Cari Artikel

Label